Skip to main content

Posts

Prospek Bisnis Ternak di Desa Dengan Modal Kecil Untung Besar

Prospek Bisnis ternak di desa selalu terbuka lebar. Bisnis ternak memang sangat tepat dikembangkan di pedesaan karena desa bisa menjawab berbagai kebutuhan untuk Bisnis ini seperti lahan yang luas, bahan bangunan yang lebih gampang di dapatkan dan juga mudah mendapatkan pakan.
Bisnis ternak memiliki banyak sekali pilihan dan hampir semuanya menguntungkan. Anda bisa memilih beberapa model dari bisnis ini. Misalnya:
A.Pembibitan atau Pembenihan Adalah Bisnis penyediaan benih dari berbagai jenis ternak mulai dari lele, ikan hingga ayam. Butuh keterampilan khusus yang harus dimiliki agar hewan piaraan memijah, berkembang biak dan melahirkan atau bertelur sebanyak mungkin.
1.Beberapa Prospek Bisnis ternak di desa bidang ini seperti: Penyediaan Benih Lele
Anda harus mengerti dahulu karakter induk lele yang Anda harapkan bakal bertelur. Anda harus memahami kapan indukan lele siap untuk bertelur, kapan harus dipisahkan dan kapan harus ditempatkan kembali pada kolam bersama indukan yang lain. Selain…
Recent posts

Cara tepat Menjaga Kualitas Air di Peternakan

Tentu sebagai peternak kita tahu bahwa komponen penyusun terbesar tubuh ayam baik pedaging dan petelur adalah air, yaitu mencapai 60 – 85 % dari seluruh bagian tubuhnya. Dari angka dan persentase ini bisa kita ketahui bahwa air mempunyai fungsi dan peranan yang begitu besar dan signifikan. Ayam mampu bertahan 15 - 20 hari tanpa ransum, namun tanpa air 2 – 3 hari saja ayam bisa mati. Begitu pentingnya air, maka kita perlu memperhatikan baik kuantitas maupun kualitas yang diberikan ke ayam.
Konsumsi Air Minum Ayam Seringkali pasti kita bertanya berapa banyak air yang diperlukan ternak kita ? Berapa banyak air yang minum ayam tiap hari ?. Namun satu hal yang pasti bahwa konsumsi pakan dan minum saling berkaitan erat. Pada kisaran suhu 21 OC, ayam modern saat ini akan minum 1,8 – 2 kali lebih banyak dibanding makan. Konsumsi air minum ini akan meningkat seiring perubahan kondisi lingkungan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi air minum yaitu suhu lingkungan (konsumsi air minum …

Ruby Roman, Jadi Anggur Termahal di Dunia Seharga Ratusan Juta

Dalam sebuah lelang di Jepang, sejumlah anggur yang dianggap sebagai simbol status sosial ini dibeli dengan harga yang luar biasa. Dikutip dari laman The Guardian, anggur yang berjumlah sekitar 30 buah itu terjual dengan harga 1,1 juta Yen atau sekitar Rp 141 juta. Dikutip dari viva.co.id, sebutir anggur yang merupakan varietas Ruby Roman tersebut memiliki ukuran sebesar bola ping pong. Anggur jenis ini dibudidayakan di perfektur Ishikawa, Jepang.
Untuk memenuhi syarat menjadi Ruby Roman, anggur tersebut harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan kandungan gula sedikitnya 18 persen. Menurut situs klub Ruby Roman yang dijalankan oleh perfektur Ishikawa, proses penanaman sudah dimulai sejak 1992 saat bibit varietas Fujiminori ditebarkan. Selama bertahun-tahun, anggur tersebut kemudian dibudidayakan menjadi varietas Ruby Roman yang merupakan nama pemberian masyarakat di tahun 2004. Anggur pertama dijual pada tahun 2008, dan harganya terus naik semenjak itu.
Dalam sebuah lelang di Je…

Yang Harus Kamu Tahu, Cara Budidaya Ayam Petelur Untuk Pemula,

Ayam petelur termasuk komoditas peternakan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga telur yang cukup mahal, cara budidaya ayam petelur termasuk cara yang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Secara umum, ayam petelur adalah ayam yang tujuan pemeliharaannya adalah untuk menghasilkan telur. Jika dihitung rata-rata, seekor ayam petelur bisa menghasilkan 200 butir telur pertahunnya. Berbeda dengan ayam pedaging yang tujuan pemeliharaan utamanya adalah untuk diambil dagingnya. Jika anda ingin mencoba untuk budidaya ayam petelur, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Berikut beberapa cara membudidayakan ayam petelur yang harus anda perhatikan, yang dikutip dari ilmubudidaya.com

1. Lokasi Kandang Hal pertama yang akan dibahas terkaitternak ayam petelur adalah tentang pemilihan lokasi untuk kandang ayam petelur. Untuk memilih lokasi kandang ayam, sebaiknya tidak di tengah-tengah perkampungan warga. Bagaimanapun, pada umumnya ka…

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Slowgrowth/kerdil

Apa yang akan kita lakukan jika ayam bloiler yang anda pelihara saat ini mengalami pertumbuhan yang lambat ?
Ayam kerdil atau biasa dikenal sebagai Sindroma kekerdilan cukup banyak di keluhkan dan membuat resah para kalangan peternak akibat ketidak seragaman ukuran ayam yang di peliharanya. Menurut kami pada saat doc tiba kondisinya terlihat seragam, tetapi setelah ayam mulai menginjak usia di atas 14 hari, baru terlihat adanya ayam yang terlambat pertumbuhannya.

Kebanyakan para peternak beropini bahwa penyebab yang menyebabkan ayamnya tidak seragam seperti karena doc, multistrain dalam satu kandang, kurang peralatan makan dan minum, kepadatan ayam dalam kandang dan penyakit coccidiosis, kami sudah dapat mengatasinya di lapangan. Tetapi untuk sindroma kekerdilan atau runting and stunting syndrome, para peternak masih meraba-raba penyebabnya, karena kejadian di lapangan kadang ada dan kadang tidak ada atau hilang dengan sendirinya. 
Syndrom kekerdilan di definisikan sebagai : Sekelompok a…

Inovasi terbaru,,,, Cara pengolahan Pupuk organik dari kotoran Ayam

Guru & Murid Tertawa Karena Beda Pendapat Tentang Rezeki

IMAM MALIK DAN IMAM SYAFI’

Guru & Murid Tertawa Karena Beda Pendapat Tentang Rezeki
.


#Imam_Malik ( guru Imam Syafii ) dalam majlis menyampaikan :

Sesungguhnya rezeki itu datang tanpa sebab, cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan meberikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah mengurus lainnya.
.
Sementara #Imam_Syafii ( sang murid berpendapat lain) :

Seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya, bagaimana mungkin ia akan mendapatkan rezeki.

Guru dan murid bersikukuh pada pada pendapatnya.
.
Suatu saat tengah meninggalkan pondok, Imam Syafii melihat serombongan orang tengah memanen anggur. Diapun membantu mereka. Setelah pekerjaan selesai, Imam Syafii memperoleh imbalan beberapa ikat anggur sebagai balas jasa.

Imam Syafii girang, bukan karena mendapatkan anggur, tetapi pemberian itu telah menguatkan pendapatnya. Jika burung tak terbang dari sangkar, bagaimana ia akan mendapat rezeki. Seandainya dia tak membantu memanen, …